ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Ads 468x60px

Waspada! Terbuai Theme Valentine di Facebook

Valentine memang masih lama, 14 Februari mendatang, tapi kegiatan clickjacking yang memanfaatkan media sosial sudah menjalankan aksinya. Seperti yang diidentifikasi perusahaan keamanan Trend Micro ini yang mengincar pengguna Facebook. Serangan itu dimulai dengan ditemukannya sebuah postingan di wall Facebooker yang berisi ajakan untuk mengklik dan menginstal themes gratis agar tampilan Facebook pengguna jadi bernuansa khas Valentine. 
Trend Micro mendeteksi installer tersebut sebagai TROJ_FOOKBACE.A, dan ketika dieksekusi maka program jahat itu akan mengeksekusi sebuah script yang menampilkan iklan dari situs-situs tertentu. 


Bagi pengguna yang mengklik dan menginstal melalui browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, malware dengan sendirinya akan mengarahkan pada instalasi Facebook Environment/Facebook.com yang muncul di tab kanan atas halaman Facebook pengguna.

Selanjutnya jika sudah terinstal apikasi ini, maka malware ini akan memantau kegiatan pengguna sekaligus mengarahkannya pada sebuah halaman survei, yang meminta Anda memasukkan nomor ponsel. Bagi yang menggunakan browser Internet Explorer, tanpa harus mengintal Facebook Environment, Anda akan langsung diarahkan pada halaman survei.

Dari pantauan Trend Micro terhadap aktifitas browser, TROJ_FOOBACE.A sampai saat ini belum beroperasi sampai aksi pencurian data. Namun Trend Micro tetap memberikan peringatan agar pengguna tetap berhati-hati terhadap jebakan themes gratis bernuansa Valentine ini.

( ash / fyk )
sumber: http://www.detikinet.com/

0 comments:

Post a Comment