ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Ads 468x60px

25 Juli 1978, Bayi Tabung Pertama di Dunia

Louise Joy Brown, lahir ke dunia dengan perhatian penuh pro dan kontra di 25 Juli 1978. Atensi berlebih terjadi bukan karena Louise Brown bayi cakap atau lahir dari orang tua selebriti. Melainkan karena ia adalah bayi tabung pertama di dunia.

Louise Brown lahir di Oldham and District General Hospital di Manchester, Inggris, dengan orang tua Lesley dan Peter.
Lesley sebagai ibu melahirkannya lewat tengah malam melalui operasi caesar. Louise Brown pun selamat sampai ke dunia dengan berat 2,27 kilogram.

Sebelum melahirkan, pasangan Brown mengalami kesulitan untuk mempunyai keturunan. Pada tahun 1977, Lesley setuju untuk melakukan prosedur eksperimental pembuahan telur oleh sperma di luar tubuh --in vitro fertilization (IVF).

Satu telur yang sudah matang dipindahkan dari ovarium Lesley dan digabung dengan sperma suaminya untuk membentuk embrio. Beberapa hari kemudian, embrio tersebut diletakkan kembali di rahim Lesley. Prosedur ini dibantu oleh kedua dokternya, ginekolog Patrick Steptoe dan peneliti Robert Edwards.

Ketika publik mengetahui bahwa duet kedua orang ini menghasilkan kehamilan untuk Lesley, pro kontra pun merebak. Mereka yang kontra mempertanyakan dasar etika dan legal dari prosedur tersebut.

Meski demikian, pasangan Brown tetap melaju dengan program IVF dan berhasil melahirkan anak kedua bernama Natalie. Pada Mei 1999, Natalie Brown memiliki anak secara normal. Disusul Louise Brown yang juga bisa memiliki anak secara normal di tahun 2006. Persalinan keduanya mengugurkan keraguan bahwa bayi tabung tidak bisa hamil secara alami.

Saat ini, IVF menjadi perawatan medis populer untuk mengatasi infertilitas. Ribuan anak di dunia sudah hadir lewat prosedur ini. Beberapa di antaranya bahkan berasal dari sperma dan telur donor, bukan dari kedua orang tua asli.

0 comments:

Post a Comment