ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Ads 468x60px

Hasil Uji Tehnis 'Xenia Maut' dari Daihatsu

Juru bicara Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan mobil Xenia yang dimudikan Afriani Susanti, 29 tahun, dalam kondisi baik. "Kami sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan tidak ada jejak rem di lokasi. Setelah dites, kondisi rem mobil juga berfungsi dengan baik," kata Rikwanto Senin 23 Januari 2012 kemarin.

Rikwato mengatakan Afriani sudah mengaku memacu kendaraannya hingga kecepatan 100 kilometer per jam. Akibat melajukencang dan tidak dalam kondisi layak menyetir, mobil kehilangan kendali dan menghantam pejalan kaki di trotoar dan halte bus di Jalan M Ihwan Ridwan Rais, Gambir, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Afriani menyatakan kepada polisi bahwa rem mobil dalam keadaan blong.

Rikwanto menambahkan, Afriani tidak membawa SIM dan STNK saat menyetir. SIM Afriani sudah mati sejak tahun 2003 meskipun dia mengaku sudah bisa mengemudikan mobil sejak SMA.

Kepastian Xenia keluaran tahun 2005 tersebut laik jalan juga diungkapkan Ahmad Saufi, Technical Division Head PT Astra Daihatsu Motor, pemegang merek Daihatsu di Indonesia. Saufi mengatakan telah diminta polisi memeriksa aspek teknis dari mobil bertipe Multi Purpose Vehicle tersebut. "Hasilnya, tidak (ada) persoalan secara teknis," kata Saufi saat kepada Tempo kemarin.

Beberapa komponen pengereman, antara lain tabung minyak rem, master dan booster rem, kanvas rem, pedal rem, serta cakram rem, tidak mengalami masalah. Semua komponen dalam kondisi baik. "Hanya, ban depan ketika kami lihat ada sedikit over pressure atau kelebihan tekanan angin, dan di lokasi kejadian tidak ada bekas tanda-tanda pengereman," kata Suafi.

Rio Sanggau, Marketing Domestic Head PT ADM, menjamin peranti keamanan dan keselamatan Daihatsu Xenia mulai generasi pertama hingga terbaru telah memenuhi standar internasional. Setiap tiga bulan, kata Rio, Daihatsu Motor Co meminta laporan tentang kejadian dan perkembangan teknis terakhir. "Sehingga, bila komponen tidak memenuhi standar pasti produk akan dihentikan oleh prinsipal kami," terang Rio.

sumber:http://id.berita.yahoo.com/ini-hasil-uji-tehnis-xenia-maut-dari-daihatsu-220302292.html

0 comments:

Post a Comment